Kamis, 07 April 2016

Dhamma Mengajari Aku Tentang Kehidupan

Di saat sepi ini aku sendiri
Menatapi indahnya dunia ini
Aku mulai kembali bersila dalam keheningan
Kosongkan pikiran dari keegoan diri
Bersihkan hati dari segala kedengkian
Kedengkian yang akan membawa luka di hati
Sempat terucap kata yang menyakitkan seseorang
Namun apa daya hidup ini bila tak bisa merubah segalanya yang telah terjadi
Kesedihan bisa saja merubah segalanya
Namun hati ini tak bisa berbohong
Telah banyak yang terjadi di luar sana tentang pahitnya kahidupan
Karena keegoan yang terjadi bisa melekat didalam diri
Kadang hidup ini penuh dengan fenomena sebab akibat
Tiada diri yang melakukannya
Demikian juga penderitaan adalah penderitaan
Jalan hanyalah jalan, tiada yang menapakinya 
Namun ini bukanlah kehampaan
Selama sebab dan kondisi yang mendukung muncul
Fenomena akan tetap bertahan
Ketika akar sebab dan kondisi dicabut lenyaplah bentukan ini
Inilah jalan tengah antara kehampaan dan keberadaan
Tapi semua orang menganggap itu suatu kesegajaan
Kesengajaan yang entah akan dibawa kemana
Semua itu hanya lah sebuah lembaran tipis
Bahkan sangat rentan terhadap pelapukan dan perubahan
Hanya dhamma yang akan membawa  inspirasi
Inspirasi tentang kehidupan ini
Yang akan membawa kesedihan dalam keheningan
Untuk menuju kebebasan 
Sungguh indah ajaran ini,,,,
Membawaku dalam pencerahan yang membangkitkan semangat
Semangat yang akan membawaku dalam keindahan hidup
Yang akan indah di awal, indah di tengah dan indah di  akhir
Hanya ada  1 pintaku
Ajarankan aku tentang kehidupan di dunia ini
Agar aku merasakan kebahagian yang sebenarnya
Dan aku merasakan dhamma yang sesungguhnya
Oleh : Parniatun

3 komentar: